- BAZNAS Bali dan Komunitas Kemanusiaan Bantu Tangani Jenazah Telantar
- Kemenag NTB Luncurkan Wakaf Berbasis QRIS
- Rumah Zakat Ikut Meriahkan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2025
- LAZISNU Pati Bantu Korban Puting Beliung
- LAZISNU Sidoarjo Kembali Distribusikan Bantuan Modal UMKM
- Lazismu dan PAS Band Kampanye Berbagi via Gathering Camp
- Lazismu Salurkan Bantuan via Program Save Our School
- Filantropi Energi untuk Musibah Mati Listrik Global
- Solidaritas Umat dan Diplomasi Kemanusiaan BAZNAS dalam Tragedi Gempa Myanmar
- Dai Ambasador Dompet Dhuafa, Dakwah hingga Mancanegara
Gramedia dan Dompet Dhuafa Sedekah Al-Quran untuk Yatim

Keterangan Gambar : dompetdhuafa.org
Di penghujung Ramadhan 1446 H, kebaikan tak henti-hentinya mengalir untuk mereka yang membutuhkannya. Kebaikan ini hadir dari kolaborasi antara Dompet Dhuafa dan Gramedia melalui kampanye Sedekah Al-Qur'an yang dilaksanakan sekaligus dengan Program Belanja Bareng Yatim untuk 30 anak yatim dan duafa, Kamis (28/3/2025), di Gramedia World, BSD City, Tangerang.
Gramedia berupaya memperluas program dampak agar lebih besar dan menjangkau lebih banyak orang dengan berkolaborasi bersama Dompet Dhuafa. Untuk itu, program ini dikemas dengan kegiatan Happy Family Coloring, di mana setiap pelanggan yang bersedekah juga dapat mengikuti lomba mewarnai secara online.
Mendapat animo tinggi dari masyarakat, Gramedia menyalurkan bantuan sebesar Rp744.000.000 melalui Dompet Dhuafa. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis pada Kamis (27/3/2025) oleh Direktur Operasional Gramedia, Heri Darmawan, kepada Ketua Ramadhan 1446 H Dompet Dhuafa, Andriansyah. Program ini berlangsung sejak 10 Februari hingga 23 Maret 2025, dengan cara mengajak pelanggan Gramedia sedekah Al-Qur'an yang akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.
Baca Lainnya :
Andriansyah, Ketua Ramadhan 1446 H Dompet Dhuafa, mengapresiasi kolaborasi dengan Gramedia dalam kampanye Sedekah Quran serta kegiatan Belanja Bareng Yatim di Gramedia World, BSD City. Program ini menjadi wujud kepedulian bersama dalam mendukung pendidikan dan kesejahteraan anak-anak yang membutuhkan.
“Kegiatan ini adalah kegiatan yang bagus sekali, karena tidak hanya meningkatkan kebahagiaan, tapi juga bisa menambah kepercayaan diri adik-adik. Karena, kita memberikan mereka kebebasan untuk memilih barang apa yang akan mereka beli, bahkan lebih jauh lagi mereka lebih ke- trigger untuk bisa meningkatkan minat baca dan literasi,” ujar Andriansyah.
Kolaborasi dengan Dompet Dhuafa ini sejalan dengan visi Gramedia. Elizabeth Driemirda Primasari menegaskan, inisiatif ini juga sebagai dedikasi Gramedia dalam mendukung pendidikan dan literasi.
“Tidak hanya sekedar menyediakan buku dan alat tulis, namun juga sebagai agen perubahan sosial yang berdampak positif, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan akses lebih baik terhadap sumber belajar,” ujarnya.
Pada sore hari ini, bertepatan dengan penyerahan donasi senilai Rp744 juta, Gramedia bersama Dompet Dhuafa mengadakan acara spesial untuk 30 anak yatim. Mereka diajak mengikuti sesi storytelling, berbagai permainan, berbagi bingkisan dan Quran Al Qosbah, berbelanja buku dan alat sekolah di Gramedia dengan bebas memilih sesuai keinginan serta buku karya Assyifa Zahra, Speechless Atas Kuasa-Nya . Kegiatan ditutup dengan momen kebersamaan dalam buka puasa bersama.
Kehadiran Volunteer Specialist sekaligus penulis buku, Assyifa Zahra, turut memeriahkan kegiatan sekaligus memberikan inspirasi, dan motivasi bagi anak-anak yang hadir. Assyifa juga turut memberikan kesan dan pengalamannya ketika menemani adik-adik berbelanja kebutuhan sekolah.
“Program Belanja Bareng Yatim ini menurutku program yang inovatif banget, yang aku suka tuh ini program kebaikan di mana bisa berdampak ke masyarakat lagi misalnya adik-adik ini pasti akan membangun pengalaman -nya sendiri terus dapat barang yang mereka butuhkan dan mau mereka lakukan. Jadi, menurutku ini bisa jadi program yang semoga saja setiap tahun itu bisa dilakukan,” ungkap Assyifa.
Cantika (13) sebagai salah satu penerima manfaat sangat antusias ketika mengetahui lokasi yang dituju adalah Gramedia. Lantaran, ia sudah sejak lama ingin pergi ke Gramedia.
“Aku seneng banget, karena udah lama pengen ke Gramedia,” cerita Cantika.
Cantika juga menunjukkan barang belanjaan yang ia beli, salah satunya adalah novel karya Tere Liye. Selain itu, ia juga membeli perlengkapan seni untuk mendukung hobinya.
"Kita belanja banyak banget. Aku banyak banget belanjanya. Aku beli cat air, buku gambarnya, sama beli tempat pensil. Terus aku juga beli novel. Aku sempat beli kuas dan peralatan gambar lain. Soalnya aku suka menggambar, ngewarnain, sama nulis," sambung Cantika.
Selain Cantika, banyak adik-adik yatim lainnya yang menikmati kesempatan ini. Mereka bisa memilih barang yang diinginkan tanpa harus khawatir dengan harga.
“Menurut aku programnya tuh bagus, asik banget programnya, kita kan anak-anak yang nyari makan sendiri, itu tuh pasti rasanya bahagia banget bisa bebas mau beli apa nggak usah mikirin harganya. Jadi kaya nggak usah ngeliat harga gitu, dan masih ada kebutuhan lain,” kata Cantika.
“Terima kasih ya Dompet Dhuafa dan Gramedia, karena sudah mengundang kami untuk melakukan kegiatan hari ini. Senang sekali hari ini!” sambungnya.
Melalui program ini, Dompet Dhuafa dan Gramedia berharap lebih banyak masyarakat terlibat dalam gerakan berbagi dan mendukung literasi bagi anak-anak yatim. Kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa kebahagiaan bisa ditularkan melalui hal-hal sederhana, seperti memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk memilih buku dan alat tulis sesuai impian mereka.
Sumber: